Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email

By

Perkembangan zaman yang telah diiringi dengan kemajuan teknologi ini membuat segala hal yang dapat dilakukan dengan cepat dan juga mudah seperti halnya dengan perekrutan calon karyawan baru.

Namun pada zaman sekarang ini banyak dari perusahaan yang sudah meninggalkan cara lama tersebut dan kemudian menggantinya dengan mengirimkan dokumen lewat email.

Namun demikian masih banyak dari para pelamar kerja yang tidak mengerti bagaimana cara mengirim surat lamaran kerja melalui email dengan baik dan benar.

Agar nanti Anda tidak salah lagi ketika Anda hendak mengirim surat lamaran kerja melalui email, berikut ini adalah beberapa aspek yang harus Anda penuhi agar nanti lamaran kerja via email Anda diterima dengan baik oleh perusahaan yang Anda lamar.

Langkah #1: Tahap Pertama

Berikut ini adalah beberapa tahapan pertama atau tahapan persiapan sebelum Anda mengirim lamaran kerja lewat email:

1. Kumpulkan Berkas Persyaratan

Hal pertama yang harus Anda persiapkan yaitu dengan membaca secara lengkap tentang informasi lowongan kerja yang Anda dapatkan dan juga mempersiapkan beberapa persyaratannya.

2. Ubah Berkas Cetak Menjadi PDF

Setelah berkas tersebut terkumpul, langkah berikutnya yaitu dengan cara merubah berkas-berkas tersebut ke dalam bentuk digital atau biasanya format berkas yang dipakai adalah PDF.

Jadi, pastikan terlebih dahulu Anda melakukan scan berkas tersebut lalu Anda jadikan dalam bentuk PDF.

Namun, mungkin dari beberapa scan yang ada biasanya menyimpan berkas ke dalam bentuk format lain misalnya PNG, JPG atau DOCX.

3. Buat atau Gunakan Email yang Profesional.

Untuk bagian ini tidak kalah pentingnya yaitu dengan cara memakai email yang profesional.

Jadi, ketika Anda sedang melamar sebuah pekerjaan lewat email, harus bisa memastikan nama email yang Anda pakai jelas dan juga sesuai dengan identitas Anda.

4. Perhatikan Waktu Pengiriman

Ketika Anda hendak mengirim email, pastikan waktu pengiriman harus Anda persiapkan secara matang. Pastikan Anda mengirim email pada waktu yang tepat.

Hanya karena email tersebut terbuka selama 24 jam, bukan berarti Anda dapat mengirim seenaknya pada jam 12 malam atau di jam-jam orang sedang tidur.

Untuk rekomendasinya, Anda bisa mengirim email pada saat jam kerja perusahaan tersebut, biasanya jam kerja 08.00-14.00.

Langkah #2: Tahap Pengiriman

Setelah semua berkas persiapan tersebut selesai, selanjutnya Anda dapat langsung melaksanakan proses pengiriman dengan beberapa langkah seperti berikut ini:

1. Login ke Gmail

Pada studi kasus contoh ini, email yang dipakai adalah Gmail.

Untuk dapat mengaksesnya silahkan Anda membuka browser, lalu akses alamatnya. Login memakai email dan password yang Anda miliki.

2. Pilih Menu Compose atau Tulis

Setelah Anda berhasil login, berikutnya Anda pilih menu Compose atau Tulis dengan cara memilih tombol di sebelah kiri menu Gmail.

3. Isikan Alamat Email Perusahaan

Di bagian penerima, Anda bisa mengisikan alamat email perusahaan atau instansi tujuan Anda melamar pekerjaan tersebut.

Hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan email adalah pastikan tidak ada kesalahan di dalam penulisan agar email yang Anda kirim benar-benar sampai ke alamat tujuannya.

4. Isikan Subjek atau Judul Email

Selanjutnya, Anda bisa isikan subjek email. Subjek adalah salah satu bagian yang terpenting, sebab untuk bagian ini adalah yang pertama kali akan terlihat pada kotak masuk email.

Umumnya, dari beberapa perusahaan atau instansi mempunyai ketentuan tertentu untuk pengisian subjek tersebut.

5. Isikan Body atau Isi Email

Selanjutnya, Anda bisa mengisikan body atau isi dari email tersebut. Bagian ini adalah salah satu bagian inti dari lamaran yang akan Anda kirimkan.

6. Lampirkan Berkas Persyaratan

Setelah proses pengisian pada kolom penerima, subjek dan body selesai, langkah berikutnya yang harus Anda lakukan yaitu dengan cara melampirkan berkas persyaratan.

7. Periksa Ulang Alamat, Subjek dan Isi Email

Setelah selesai melaksanakan langkah-langkah di atas, Anda jangan terburu-buru untuk mengirimkan email tersebut.

Pastikan terlebih dahulu apakah alamat penerima, subjek dan isi email sudah benar, soalnya itu akan mempengaruhi hasil lamaran Anda.

8. Kirim Lamaran

Setelah proses pengecekan selesai dan Anda sudah yakin semua dari penulisan dan berkas sudah benar, Anda tinggal mengirim pada email tersebut, atau jika dirasa masih ada yang kurang Anda bisa melihat kumpulan contoh surat lamaran kerja via email pada artikel berikut tersebut.

Selanjutnya, cukup hanya klik tombol Kirim atau Send dan tunggu sebentar sehingga ada notifikasi bahwa email berhasil Anda kirim.

Itulah beberapa penjelasan tentang cara mengirim lamaran pekerjaan lewat email, semoga dengan adanya artikel diatas dapat bermanfaat untuk Anda. Jika Anda merasa informasi tersebut bermanfaat, Anda bisa membagikannya ke teman-temanmu yang sekiranya membutuhkan informasi ini.

Leave a Comment