3 Contoh Teks Eksposisi Kesehatan Beserta Strukturnya

By

Di dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia terdapat banyak sekali jenis-jenis teks, salah satu di antaranya adalah teks eksposisi. Singkatnya, teks eksposisi merupakan teks yang mengungkapkan gagasan atau pendapat penulis tentang suatu hal.

Teks eksposisi diharapkan dapat memberikan wawasan dan sudut pandang yang berbeda kepada pembacanya. Sama seperti jenis teks lainnya, teks eksposisi juga memiliki struktur.

Disadur dari situs pembelajaran Pendidikanpedia, struktur teks eksposisi ada tiga, yaitu pernyataan pendapat atau tesis, argumentasi, dan penutup. Sementara itu untuk pembahasan temanya, berbagai macam tema biasa diangkat menjadi sebuah teks eksposisi, misalnya kesehatan.

Nah apabila kamu sedang mencari sebuah contoh teks eksposisi kesehatan, berikut ini The Star-N19 berikan tiga buah contoh teks eksposisi tentang kesehatan beserta strukturnya.

  1. Manfaat Makanan Sehat dan Bergizi
  2. Kesehatan Mata Dapat Dipengaruhi Lingkungan Sempit
  3. Memelihara Kesehatan Tubuh dan Otak dengan Tidur Teratur

1. Manfaat Makanan Sehat dan Bergizi

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan, Manfaat Makanan Bergizi

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Seperti yang kita ketahui fungsi makanan bagi manusia adalah sebagai asupan energi untuk bisa terus bertahan hidup.

Makanan yang baik bagi tubuh akan menghasilkan energi yang baik. Begitupun sebaliknya, makanan yang buruk malah akan memberikan energi yang buruk juga.
Makanan baik bagi tubuh biasa kita kenal dengan makanan bergizi. Makanan yang bergizi mengandung gizi-gizi yang sangat baik dan bermanfaat bagi tubuh.

Memilih makanan apa yang akan dikonsumsi merupakan hal yang krusial bagi kita semua sebagai manusia. Sebab mengonsumsi makanan yang buruk akan berdampak buruk bagi metabolisme tubuh dan memicu timbulnya penyakit.

Argumentasi

Beberapa literatur menerangkan bahwa tubuh ideal adalah salah satu indikator tubuh yang sehat. Tubuh ideal bisa dilihat dari aspek berat badan tubuh.

Makanan yang sehat dan bergizi mampu menjaga agar berat badan tubuh tetap berada di angka normal atau ideal. Makanan sehat tidak akan membuat kamu kelebihan berat badan maupun kekurangan berat badan. Makanan yang sehat dan bergizi juga tidak akan menambah kadar kolesterol jahat dan kadar gula darah dalam tubuh.

Sebaliknya, makanan yang sehat akan membuat kadar gula, asam urat, dan lemak dalam kondisi yang stabil.

Para ahli di bidang kesehatan juga sudah sering berpendapat bahwa makanan bergizi tidak akan mengganggu fungsi organ-organ di dalam tubuh. Bahkan juga mampu mengkondisikan tekanan darah agar dalam posisi yang stabil.

Selain dapat dinikmati rasanya oleh lidah, makanan sehat bergizi juga akan diterima dan diproses dengan baik oleh tubuh sehingga menjadi energi positif.

Penegasan Ulang

Tubuh ideal bisa diperoleh dengan cara mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi secara rutin dan seimbang. Pastikan porsi antara bahan pangan utama dan penunjang sama atau seimbang. Jadi selalu konsumsilah makanan 4 sehat 5 sempurna.

2. Kesehatan Mata Dapat Dipengaruhi Lingkungan Sempit

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan Mata

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Masyarakat perkotaan biasanya identik dengan hunian minimalis. Sayangnya sebagian besar hunian minimalis tersebut memiliki lingkungan yang terkesan sempit. Hunian minimalis digemari karena semakin terbatasnya lahan yang tersedia dan kepadatan penduduk kota yang terus meningkat.

Mahalnya harga tanah di daerah perkotaan juga menjadi penyebab masyarakat tingkat menengah lebih memilih membangun rumah dengan luas yang seadanya.
Padahal manusia yang notabene beraktivitas di ruangan dengan lingkungan sempit lebih rentan terkena penyakit mata.

Argumentasi

Untuk melatih otot-otot mata agar tetap sehat, manusia memerlukan area pandang yang cukup luas. Orang yang biasa beraktivitas di lingkungan sempit hanya bisa melihat benda-benda dengan jarak pandang yang dekat dengan mata saja.

Jika terus-terusan terjadi, hal tersebut dapat membuat otot mata tidak elastis lagi karena dibiasakan melihat yang dekat-dekat saja. Otot mata yang kaku merupakan penyebab penyakit rabun jauh atau miopi.

Jika diperhatikan juga, tingkat penggunaan kacamata pada masyarakat yang tinggal di pedesaan dengan yang tinggal di lingkungan perkotaan sangat berbeda. Bahkan anak-anak yang tinggal di lingkungan padat perkotaan sudah mempunyai penyakit miopi sejak dini.

Penegasan Ulang

Maka dari itu, perlunya kesadaran masyarakat perkotaan akan kesehatan mata dan sekali-kali melatih otot mata. Melatih otot mata bisa dilakukan dengan bersantai di lingkungan pedesaan atau taman berukuran luas.

Apalagi jika penyakit rabun jauh terus menyerang anak-anak di bawah umur, maka tidak menutup kemungkinan bahwa masyarakat kita akan melahirkan generasi mata rabun ke depannya.

3. Memelihara Kesehatan Tubuh dan Otak dengan Tidur Teratur

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan Tidur

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Tubuh dan otak manusia merupakan dua organ yang paling rentan terkena penyakit berbahaya. Kesehatan dan ketahanan organ manusia bergantung pada kondisi tubuh dan pikirannya.

Apabila tubuh manusia tidak tidak mampu lagi mentolerir penyakit dari luar, maka organ vital seperti otak juga akan terancam. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran.

Karena ketika pikiran manusia kelelahan atau terganggu, maka organ lain juga akan ikut terganggu. Salah satu cara menjaga dan memelihara kesehatan tubuh maupun otak adalah dengan tidur secara teratur.

Argumentasi

Cara paling praktis menjaga kesehatan organ adalah dengan membiarkannya beristirahat cukup dan sesuai dengan anjuran kesehatan.

Tubuh manusia bisa dianalogikan dengan benda elektronik. Jika suatu barang elektronik digunakan secara terus-menerus maka akan menyebabkan kerusakan. Sama halnya dengan tubuh manusia.

Orang yang terlalu sering berpikir keras dapat menimbukan beban pikiran yang dapat berimplikasi pada kesehatannya.

Tidur adalah bentuk aktivitas mengistirahatkan semua organ tubuh, termasuk otak. Meskipun pada saat tidur otak tetap aktif bekerja, namun saat itu otak juga tetap bisa beristirahat.

Terbukti ketika orang mengalami kekurangan tidur maka biasanya kepalanya akan pusing, terasa berat dan mengganggu aktivitas sehari-harinya. Hal tersebut terjadi karena otak dan tubuh tidak menerima istirahat yang cukup.

Ketika tidur, otak dan tubuh akan memperbaiki organnya masing-masing secara otomatis dan mengembalikan energi yang telah terkuras. Orang yang mempunyai kebiasaan tidur larut malam atau begadang lebih rentan terkena serangan penyakit berbahaya.

Ada penelitian yang membuktikan bahwa orang yang sering begadang rentan terkena diabetes walaupun kadar gula yang dikonsumsi tiap harinya tetap rendah.
Karena ketika tidur di malam hari, tubuh manusia memproduksi insulin yang berfungsi menyeimbangkan kadar gula dalam darah.

Penegasan Ulang

Meski tidur dianggap sebagai hal yang sepele, namun nyatanya tidur sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan otak manusia. Terutama bagi mereka yang bekerja baik fisik maupun otaknya pada siang hari.


Nah itulah contoh-contoh teks eksposisi kesehatan beserta strukturnya. Semoga kamu paham dengan contoh di atas dan bisa membuat teks eksposisi sendiri. Apabila ada yang tidak dimengerti, jangan ragu untuk bertanya di kolom komentar berikut ini ya.

Tinggalkan komentar