10 Rekomendasi Pantai Terindah di Tuban (Trending 2022)

By

Sebagai daerah pesisir, Tuban memiliki banyak pilihan pantai yang indah. Wisata pantai sangat sesuai untuk kamu yang ingin sekali bersantai. Area pasir yang lantai, pepohonan yang meneduhkan, dan juga debur ombak melepaskan segala rasa penat.

Rasanya, air laut seperti menyapu segala resah dan kesedihan. Tertarik untuk rekreasi di Pantai Tuban? Jika iya, kami punya rekomendasi menarik nih. Berikut beberapa rekomendasi pantai terindah di Tuban yang kami kutip dari laman napaktilas.net.

1. Pantai Remen

Pantai Remen || Kredit foto: @noname.jjpg
LokasiRemen, Jenu, Tuban, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 06.30-17.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp15.000,00
Aktivitas menarik di area pantaiBermain air di bibir pantai, berjemur, bermain istana pasir, bersantai sambil minum es kelapa muda, melihat sunset/sunrise, camping, dll

Pantai Remen merupakan pantai landai berpasir putih. Pohon-pohon cemara berjejer di pinggir pantai. Menciptakan sebuah kesan rapi, sekaligus menjadi peneduh dari panas.

Warna putih pantai kontras dengan air laut yang berkesan biru dan cemara-cemara itu. Karenanya, pemandangannya terkesan bersih, cantik, baik pantai-pantai di Florida. Beberapa plang kayu pun membuat nuansa rustic semakin kuat terasa.

Tak jauh dari bibir pantai, banyak berjejer warung makanan. Warung-warung ini dapat menjadi pelepas dahaga sekaligus lapar usai bermain di pantai.

Walaupun lautannya cantik, tetapi ombaknya agak besar. Maka dari itu, anak-anak harus ditemani saat berenang di sana.

2. Pantai Boom

Pantai Boom Tuban || kredit foto: @samdawus
LokasiKutorejo, Tuban Sub-District, Tuban, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Orang dewasa: Rp6.000,00 (weekdays), Rp8.000,00 (weekend) Anak-anak: Rp4.000,00 (weekdays), Rp6.000,00 (weekend)
Aktivitas menarik di area pantaiMelihat perahu nelayan, berlari-larian di bibir pantai, bermain air, camping, dll

Namanya memang sama dengan pantai berdermaga emas di Banyuwangi. Namun, Pantai Boom yang satu ini berbeda. Letaknya di Tuban. Pemandangannya pun tidak sama.

Pantai Boom Tuban adalah pantai dengan deretan cemara. Nuansanya terlihat dramatis di sore hari. Ranting-ranting cemara seolah ingin meraih tanah.

Sebagian area di Pantai Boom adalah paving buatan. Ya, Pantai Boom memang dikondisikan sebagai area wisata dan taman kreasi. Terdapat beberapa gazebo yang bisa dijadikan tempat untuk bersantai. Ada pula jembatan  yang cantik untuk lokasi swafoto.

Selain berwisata, pantai ini juga menjadi kawasan favorit memancing. Lautnya kaya akan berbagai jenis ikan. Pada minggu pagi, banyak orang yang datang ke sana membawa kail dan ember.

Dengan harga tiket yang terjangkau, Pantai Boom adalah tempat wisata yang layak untuk dikunjungi. Banyak hal menarik yang bisa kamu temukan di sana.

3. Pantai Kelapa

Pantai Kelapa Tuban || kredit foto: @ermayanis
LokasiJl. Gresik No.KM, RW.1, Kepoh, Panyuran, Kec. Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 07.30-17.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000,00
Aktivitas menarik di area pantaiBermain di wahana, berjalan-jalan di hutan bakau, kuliner di warung pinggir pantai, melihat panggung hiburan, camping, berkuda, bermain air, bermain pasir pantai, dll

Pantai Panyuran disebut dengan nama Pantai Kelapa karena ia ditumbuhi oleh pepohonan kelapa. Jadi, pantai ini betul-betul terlihat seperti pantai tropis.

Pantai ini cukup ramai. Fakta itu tidak mengherankan, mengingat pengelolaannya betul-betul serius. Terdapat beberapa ornamen kayu sebagai plang nama pantai. Kemudian, ada pula atraksi lain yang tak kalah asyik. Apa saja? Ini dia hal-hal yang bisa kamu lakukan di pantai:

  • Flying fox.
  • Berkuda.
  • Hutan bakau.
  • Bermain di playground.
  • Ragam kuliner.
  • Kolam renang.
  • Panggung hiburan.
  • Area berkemah.

Pantai Kelapa memang rapi dan penuh hiburan. Bahkan, kelap-kelip lampu terlihat pada bagian kafenya, lho. Mirip Jimbaran! Makanya, tak mengherankan jika di akhir minggu, begitu banyak kendaraan berjejer di pintu gerbangnya. Ya, pantai ini menjadi magnet bagi banyak wisatawan lokal. Apakah kamu juga ingin pergi ke sana?

4. Pantai Sowan

Pantai Sowan || kredit foto: @tubancekrek
LokasiBogoran, Bogorejo, Bancar, Tuban, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 07.00-16.30 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000,00
Aktivitas menarik di area pantaiNongkrong di kedai/kafe, bersantai di bawah payung pantai, berjalan-jalan di bibir pantai, melihat hutan payung, bermain flying fox, berswafoto di spot menarik, dll

Ngaku anak muda? Jangan lupa untuk mampir ke Pantai Sowan saat ke Tuban!

Pantai Sowan seperti beach club bagi muda-mudi Tuban. Pantainya cantik. Pasirnya rapi dan hangat. Namun, yang lebih istimewa, di pantai ini berdiri banyak kafe dan kedai-kedai. Terdapat beragam makanan dan minuman yang bisa kamu pesan di sana. Dari tempat makan, kamu bisa merasakan semilir angin pantai.

Hal yang lebih menarik adalah keberadaan payung lesehan. Kamu bisa duduk-duduk di sana, merasakan tekstur pasir, sambil bersantai di bawah naungan payung. Rasanya seperti tropical dream, bukan?

Masih ada lagi yang asyik, nih, di Pantai Sowan. Pantai ini memiliki hutan wisata, sebuah area penuh pepohonan. Pada ranting pohon-pohonnya digantung lampion dan hiasan dari kertas. Membuatnya seperti hutan yang ajaib.

Fasilitas lain seperti flying fox dan spot selfie seperti sepeda melayang membuat pantai ini semakin semarak. Tidak akan ada bosannya, deh, pergi ke sini!

5. Pantai Semilir

Pantai Semilir || kredit foto: @tubancekrek
LokasiJl. Nasional 1, Karangdowo, Socorejo, Kec. Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 06.00-17.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000
Aktivitas menarik di area pantaiBermain ATV, naik perahu, bermain air di bibir pantai, santai di pinggir pantai sambil melihat sunset, dll

Ada banyak cara yang membuat pantai ini mampu untuk menyihirmu.

Marilah pertama-tama kita kunjungi area hutannya terlebih dahulu. Pengelola menyematkan payung-payung warna-warni di antara deretan cemara yang berderet. Inilah yang kemudian menciptakan kesan cheerful di pantai.

Ada pula kedai-kedai makanan yang berderet tak jauh dari bibir pantai. Di dekatnya, para pengunjung menggelar tikar untuk menikmati makan dan lautan lepas. Sementara itu, pengunjung lainnya nampak bermain di bibir pantai sepanjang 500 meter. Airnya tenang, pasirnya bersih. Orang-orang pun merasa aman berada di sana.

Di sisi lain pantai, kamu juga dapat menyewa ATV. Menyusuri pantai dengan ATV memberikan sensasi yang menakjubkan. Atau, apakah kamu bosan hanya berada di pinggir pantai? Kamu bisa menyewa perahu untuk pergi ke tengah laut.

Sebelum pandemi, pantai ini agak sepi. Pada saat pandemi melanda, pemerintah mulai serius mengelola pantai ini. Sehingga, pantai ini bisa menjadi objek wisata yang membuat Tuban semakin menarik.

6. Pantai Surindah

Pantai Surindah || kredit foto: @ardifirdaus032
LokasiGlagah, Temaji, Kec. Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Aktivitas menarik di area pantaiBersantai sambil menunggu matahari terbenam

Dari luar, pantai ini mungkin kurang menjanjikan. Pasalnya, tanda masuknya hanya sebuah gapura masuk tanpa nama. Namun, keindahannya tak layak diabaikan.

Lokasi pantai ini strategis, di bagian jalur pantura. Untuk meraihnya pun, kamu bisa menggunakan berbagai jenis kendaraan. Bagian parkiran dan pantai dipisahkan oleh gundukan tebing yang tak terlalu tinggi. Di sekitarnya, tumbuh cemara-cemara rimbun yang biasa dijadikan latar swafoto dan tempat berteduh.

Fasilitas yang ditawarkan tidak banyak. Paling-paling, hanya ada tempat makan ikan bakar sederhana. Namun, karena tidak penuh dengan bangunan dan ornamen, pantai ini cocok untuk menepi. Jika yang kamu inginkan adalah mendengar deru ombak dan menenangkan diri, inilah lokasi yang tepat.

Ombak pantai tidak terlalu besar. Itulah alasan mengapa pantai ini juga ideal buat berenang.

7. Pantai Stockpile Socorejo

Pantai Stockpile || kredit foto: @airulzahh
LokasiDesa Socorejo, Kecamatan Jenu, Karangdowo, Socorejo, Kec. Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000
Aktivitas menarik di area pantaiBerjalan-jalan di bibir pantai, melihat kapal berlabuh, bermain air, berswafoto, dll

Selain Semilir, ada satu pantai menawan lainnya yang terletak di daerah Socorejo. Namanya adalah Pantai Stockpile. Dibandingkan Pantai Semilir, pantai ini jelas lebih sunyi. Bahkan, tidak banyak fasilitas yang disediakan.

Namun, pantai ini tergolong bersih, lho. Hal itu terjadi karena memang tidak banyak ornamen di sana. Sejauh mata memandang hanya lautan lepas. Dan, di sekitarmu, hanyalah ada deretan pepohonan dan pasir putih.

Jika dikembangkan lagi, pantai di Socorejo ini bisa menjadi destinasi yang apik. Terlebih, pasir alaminya berwarna putih.

8. Pantai Cemara Tuban Jatim

Pantai Cemara || kredit foto: @dcemara.tuban
LokasiJl. Raya Tuban – Semarang, Jabung, Sugihwaras, Kec. Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Mobil: Rp10.000,00
Motor: Rp5.000,00
Aktivitas menarik di area pantaiBersantai di pinggir pantai, bermain ayunan, kuliner, camping, dll

Pantai Cemara memang cukup populer. Maklum, lokasinya strategis dan fasilitasnya pun cukup lengkap. Terdapat meja-meja yang bisa kamu gunakan untuk makan, menghadap ke lautan lepas.

Beberapa tempat dapat digunakan sebagai spot selfie. Contohnya, di antara rimbunnya pohon cemara atau ayunan di pinggir laut. Kesan yang kamu dapatkan adalah teduh dan estetik.

Jika kamu berkesempatan pergi ke sini, jangan lupa untuk mencicipi rondo royal. Rondo royal merupakan tape goreng khas tuban. Rasanya unik dan renyah. Bayangkan menyantap makanan sambil menatap jauh ke laut, dipayungi oleh daun-daun cemara. Rasanya, seperti potongan surga, bukan?

Pengelola melengkapi keindahan pantai ini dengan beberapa fasilitas. Contohnya seperti musala, toilet, dan warung makan.

9. Pantai Terminal Baru Tuban

Pantai Terminal Baru Tuban || kredit foto: @candrakoesoema
LokasiJabung, Sugihwaras, Kec. Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Mobil: Rp10.000,00 Motor: Rp5.000,00
Aktivitas menarik di area pantaiBermain pasir, melihat laut, menonton sunset, bermain layang-layang, dll

Jika dilihat dari segi kebersihan, barangkali pantai ini memang tak seapik Pantai Semilir atau Pantai Cemara. Namun, Pantai Terminal Baru Tuban letaknya strategis dan tak jauh dari pusat kota. Makanya, di akhir minggu, ada banyak orang yang menghampirinya.

Dulu, banyak atraksi menarik di dekat pantai ini. Contohnya seperti rumah hantu dan bioskop 3D. Itulah yang membuat pantai ini sempat terkenal. Namun, setelah pandemi, beberapa wahana ditutup, menyisakan kios-kios saja.

Jika dikelola dengan lebih baik lagi, pantai ini akan menjadi lokasi wisata yang ideal. Bekas-bekas bangunan mangkrak di sekitarnya barangkali dapat difungsikan sebagai wahana wisata atau gardu pandang.

10. Pantai Mangrove Center

Pantai Mangrove Center || kredit foto: @zee._16
LokasiJl. Raya Tuban – Semarang No.KM, RW.6, Kajenom, Jenu, Kec. Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 07.00 – 17.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00
Aktivitas menarik di area pantaiBermain air, bersantai, melihat ombak yang berkejaran, dll

Bukan sekadar pantai, Mangrove Center adalah wahana rekreasi sekaligus edukasi. Hal itu tentu ditunjang dua hal: keindahan alam yang natural sekaligus usaha keras pengelola. Tak jauh dari bibir pantai, berderet cemara-cemara rimbun. Warna hijaunya terlihat menyala karena bersanding dengan pasir yang sangat putih.

Wisata edukasi bisa ditemukan di hutan bakau. Banyak sekolah di Tuban yang menjadikan hutan bakau sebagai sarana edukasi. Harga tiket masuk ke hutan bakau pun murah, hanya Rp5.000,00. Selain bisa mengamati hutan bakau, pengunjung dapat melakukan workshop budidaya bakau.

Sisi lain pantai bisa digunakan untuk outbound, bermain voli, sekaligus camping. Makanya, tak mengherankan jika tempat ini ramai dikunjungi berbagai kalangan. Lagi pula, tak jauh dari sana juga terdapat kantin yang menawarkan berbagai makanan.

Lantaran bersih dan mendidik, kamu wajib mendatangi pantai ini jika sedang berlibur ke Tuban. Kamu akan dimanjakan dengan keramahan alam sekaligus fasilitas lengkap.

Tuban menawarkan pesona pantai yang asyik dengan fasilitas yang beragam. Penyuka wisata air wajib untuk datang ke kota yang menjadi batas Jawa Timur dan Jawa Tengah ini. Selain pantai yang indah, statusnya sebagai kota pesisir membuat Tuban menyimpan banyak potensi makanan, lho! Lengkap sekali, bukan? Yuk, persiapkan tasmu dan kunjungi Tuban sekarang juga!

Tinggalkan komentar