Ukuran dan Jenis Container

By

Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang ukuran container yang dimulai dari panjang, tinggi dan berat container dengan ukuran 20 feet, 40 feet dan juga ukuran standard lainnya.

Di dalam kegiatan ekspor dan impor, container atau peti emas adalah salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan.

Keragaman dari jenis container ini telah hadir untuk memenuhi kebutuhan barang yang harus membutuhkan penanganan yang berbeda dalam proses pengirimannya.

Sejarah Tentang Ukuran Container

Ide dengan memindahkan barang ke truk, lalu pindah ke kereta api atau kapal dan kemudia memuat container tersebut kembali ke truk datang sekitar lebih dari 60 tahun silam. Container ini berasal dari sebuah truk pengangkut kecil-kecilan dengan nama McLean dari Maxton, North Carolina dan Amerika Serikat.

McLean telah meningkatkan proses ini dengan cara menempatkan barang dagangan ke dalam container sehingga nanti seluruh container bisa diangkat dan juga diambil dari sasis lainnya.

Langkah selanjutnya yaitu untuk membakukan dimensi container pengiriman untuk penanganan mudah dengan truk, kereta api, kapal dan juga pelabuhan yang ada di dunia.

Standarisasi ukuran container atau dimensi container ini telah membuat dampak global secara besar pada perdagangan yang ada di dunia. Ini dapat memungkinkan proses untuk membuat barang di pabrik-pabrik container dan kapal langsung ke toko dan gudang tanpa harus membingkarnya.

Hal ini berarti bahwa proses dari manufaktur tersebut bisa berada jauh dari pelanggan, namun tetap saja menyediakan pelanggan dengan berbagai macam ukuran yang telah tersedia dengan harga sangat murah di seluruh dunia.

Jenis Container Berdasarkan Ukuran

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, terdapat standar dalam bahan dan juga ukuran pada sebuah container.

Biasanya, container ini mempunyai bahan yang kuat sebagai salah satu material utamanya. Bahan yang dipakai yaitu alumunium dan baja.

Bahan itu merupakan bahan yang biasa dipakai untuk container jenis dry container standard atau general purposes container yang mana Sembilan puluh persen container tersebut berjenis ini.

Lalu, untuk ukuran standart container apa yang biasa digunakan, berikut ini adalah penjelasannya:

Container 20 ft

Container ukuran 20 ft adalah jenis container dengan standart ukuran ISO yang banyak dikenakan saat ini. Khususnya yaitu dalam pengiriman yang memakai kapal laut, baik itu kapal besar atau kecil.

Untuk ukuran luar dari container jenis ini mempunyai dimensi panjang 20 ft, lebar 8 ft dan tinggi 8,6 ft atau dalam ukuran metric yaitu panjang sekitar 6,06m, lebar 2,44m dan juga tinggi 2,56m.

Sedangkan untuk ukuran di dalamnya mempunyai panjang 5,92m, lebar 2,34m dan tinggi 2,38m. Dengan begitu dimensi yang dapat diangkut pada container ini sebesar 33 cubic meter.

Kemudian, untuk kapasitas berat bersih yang dapat diangkut pada container ini kurang lebih 22,1 ton.

Container 40 ft

Berikutnya yaitu jenis container yang berukuran 40 ft. sesuai dengan namanya, ukuran dari container ini dua kali lebih besar dari container yang berukuran 20 ft.

Pada umumnya biaya penyewaan dari container 40 ft hanya sekitar 20% lebih mahal dari container 20 ft. yang mana hal ini tentu dapat menguntungkan jika Anda ingin mengirim muatan barang yang berjumlah besar.

Ukuran luar dari container ini telah berdimensi panjang 40 ft, lebar 8 ft dan tinggi 8,6 ft. Jika dalam konversi metric yaitu panjang 12,19m, lebar 2,44m dan tinggi 2,56m.

Untuk ukuran yang ada di dalamnya yaitu panjang 12,4m, lebar 2,31m dan tinggi 2,38m. Jadi, untuk dimensi barang yang dapat diangkut sebesar 67,3 cubic meter.

Sedangkan untuk berat bersih yang dapat diangkut yaitu sekitar 27,396 ton.

Container 40 ft High Cube

Kemudian, ada container yang berukuran 40 ft high cube yang mempunyai ukuran sedikit lebih besar dari container yang berukuran 40 ft.

Ukuran dimensid ari container ini mempunyai panjang 40 ft, lebar 8 ft dan tinggi 9,6 ft atau panjang 12,19m, lebar 2,24m dan tinggi 2,59m.

Untuk ukuran dalamnya mempunyai panjang 12,4m, lebar 2,31m dan tinggi 2,68. Kemudian kapasitas dari volumenya yaitu 76 cubic meter.

Berat bersih yang dapat diangkut ke dalam container ini yaitu 29,6 ton.

Lalu, terdapat standar ukuran tersendiri didalam bongkar muat container pada muatan kapal atau terminal. Satuan tersebut  disebut dengan TEU atau twenty foot equivalent unit.

Jenis Container Berdasarkan Kegunaannya

Setelah diatas kami membahas jenis container berdasarkan ukurannya, maka berikut ini adalah jenis container yang berdasarkan pada kegunaannya, langsung saja berikut adalah penjelasannya:

Dry Container

Dry container standard atau biasa disebut dengan general purpose container. Untuk container jenis ini merupakan jenis container yang paling sering dan juga paling umum untuk dikenakan.

Dengan bentuk yang tertutup semua bagiannya, agar bertujuan untuk bisa melindungi segala macam barang, cuaca, maka container ini dapat dikenakan untuk mengirim barang yang berbahan kering.

High Cube

Container jenis ini sama seperti bentuk dry container standard, yang telah membedakan adalah dari segi bentuk container ini 1 ft lebih tinggi dari dry container standar.

Hal ini tentu dapat membuat container jenis ini bisa mengangkur barang yang dimana ukurannya lebih besar. Umumnya container high cube ini berukuran 40 ft.

Flat Rack Container

Container jenis ini mempunyai dua sisi yang dapat dilipat sehingga bisa membuat container ini menjadi rata.

Walaupun sisi atau dindingnya dapat dilipat, namun pada dindingnya cukup stabil dan sangat cocok sekali untuk mengirim barang yang berukuran sangat besar.

Double Doors Container

Jenis container ini mempunyai pintu pada kedua ujungnya, sehingga pada container ini juga biasa disebut dengan Tunnel Container.

Open Side Container

Container jenis ini sama halnya dengan dry container standard, namun yang telah membedakannya yaitu dari sisi samping dari container ini mempunyai pintu yang dapat dibuka sepenuhnya.

Open Top Container

Kemudian ada jenis open top container. Fungsi utama dari container ini yaitu pada atapnya yang dapat dilepas.

Dengan atap yang dapat dilepas ini tentu sangat cocok untuk memuat barang yang sulit untuk dimasukan melalui pintu biasa misalnya jenis barang besar yang sistem pengangkutannya hanya dapat dilakukan memakai crane.

Jika Anda membutuhkan peti kemas atau container dan juga ingin berkonsultasi segala sesuatu tentang peti kemas ini, jangan ragu untuk menghubungi atau mengunjungi pabrikcontainer.com.

Itulah sedikit penjelasan dan juga ukuran dari container yang dapat kami jelaskan di dalam artikel tersebut. Semoga dengan adanya informasi tersebut dapat menambah pengetahuan Anda.

Tinggalkan komentar