10 Tempat Wisata Terbaik di Sekitar Bandungan (2022)

By

Kini kawasan Bandungan semakin terkenal karena muncul berbagai tempat wisata baru yang kekinian. Sebut saja Taman Bunga Celosia, Ayanaz Gedong Songo, hingga Setiya Aji Flower Farm. Kehadiran taman wisata ini menjadikan Bandungan sebagai magnet wisata di Ungaran.

Tapi, apakah hanya itu saja tempat wisata menarik di Bandungan? Tidak, masih ada banyak lainnya. Spesial untuk kamu, kami merangkum 10 tempat wisata terbaik di Bandungan yang cocok untuk mengisi liburan. Tertarik? Berikut 10 rekomendasi tempat wisata terbaik di Bandungan.

1. Wisata Taman Bunga Celosia

Wisata Taman Bunga Celosia, Bandungan (kredit gambar: instagram.com/vandadeviar/)
LokasiJl. Ke Candi Gedong Songo No.KM, RW.5, Beroken, Candi, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 08.00-17.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Weekday: Rp20.000/orang Weekend: Rp25.000/orang
Rute menuju tempat wisata dari Bandungan8 mnt (3,2 km) lewat Jl. Sukorini
Rating tempat wisata4,3/5 dari 18.101 ulasan Google

Wisata Taman Bunga Celosia merupakan taman hiburan yang berisi berbagai jenis bunga cantik, miniatur bangunan legendaris dunia hingga beragam spot foto menarik. Wisata Taman Bunga Celosia terletak tepat di atas Taman Parkir Candi Gedong Songo. Ya, searahlah saat wisatawan ingin menuju ke objek wisata Candi Gedongsongo.

Menurut kami, Taman Bunga Celosia ini menarik. Di mana, selain kamu rekreasi mengelilingi taman bunga yang punya udara sejuk, kamu juga bisa membeli tanaman hias. Karena setiap pengunjung mendapatkan voucher diskon pembelian tanaman hias.

Bagi yang suka bunga, pasti kamu suka berkunjung ke sini. Hehe.

Di samping itu, Taman Bunga Celosia juga menyediakan berbagai lokasi swafoto yang menawan. Kamu bisa melakukan family photo di sana. Tempat foto paling populer adalah taman bunga Begonia yang berwarna-warni. Wisatawan yang berfoto di sana sangat bangga membagikan foto kesayangannya ke sosial media mereka.

Apakah taman wisata ini ramah anak? Tentu. Anak-anak bisa bermain di beberapa wahana permainan di Taman Bunga Celosia. Di sana ada permainan trampolin, kereta putar, scooter, kolam renang hingga kereta kelinci.

Catatan: Jika kamu berwisata mengajak rombongan keluarga sekaligus anak-anak, datanglah saat pagi hari atau sore hari. Suasananya sangat sejuk dan nyaman.

2. Pondok Kopi Umbul Sidomukti

Pondok Kopi Umbul Sidomukti, Bandungan (kredit gambar: instagram.com/semarangfood/)
LokasiManggung, Jimbaran, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 09.00-20.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang
Rute menuju tempat wisata dari Bandungan18 mnt (6,7 km) lewat Jl. Mayor Soeyoto dan Jl. Goa Jepang
Rating tempat wisata4,5/5 dari 14.925 ulasan Google

Pondok Kopi Umbul Sidomukti merupakan sebuah restoran dan coffee shop yang terletak di kawasan wisata Umbul Sidomukti. Karena lokasinya di atas bukit di kawasan lereng Gunung Ungaran, maka udaranya sejuk dan cenderung dingin.

Suasana yang dingin cocok sebagai lokasi ngopi santai di sela liburan. Maka nggak heran jika Pondok Kopi Umbul Sidomukti selalu ramai saat weekend dan libur nasional. Bahkan beberapa pengunjung rela melakukan reservasi tempat terlebih dahulu agar tidak kehabisan.

Apa saja menu terfavorit di Pondok Kopi Umbul Sidomukti?

Jika dijawab dengan singkat, menu andalan Pondok Kopi Umbul Sidomukti adalah kopi dan camilan. Untuk kopi, kamu bisa memesan berbagai jenis kopi, mulai dari kopi racikan, kopi espresso hingga kopi tradisional.

  • Kopi racikan: Kopi Arabika Sidomukti, Arabika Gayo, Luwak Liar Aceh Gayo hingga Natural Java robusta.
  • Kopi espresso: Cappucino, Cafe Au Lait, Caramel Machiato, Picollo, Coffee Latte, Coffee Mocca.
  • Kopi tradisional: Kopi Hitam, Kopi Susu, Kopi Jahe, Kopi Susu Jahe.

Tertarik untuk ngopi di tempat yang cantik? Ke Pondok Kopi Umbul Sidomukti saja. Hehe.

Catatan: Pada pagi/siang hari, wisatawan biasanya rekreasi di objek wisata Umbul Sidomukti dan sekitarnya terlebih dahulu. Baru malamnya, wisatawan ngopi cantik di Pondok Kopi Umbul Sidomukti.

3. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo, Bandungan (kredit gambar: instagram.com/riifography/)
LokasiJalan Ke Candi Gedong Songo, Candi, Krajan, Banyukuning, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 07.00-16.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp15.000/orang
Rute menuju tempat wisata dari Bandungan13 mnt (5,0 km) lewat Jl. Sukorini dan Jl. Ke Candi Gedong Songo
Rating tempat wisata4,5/5 dari 13.878 ulasan Google

Candi Gedong Songo merupakan cagar budaya peninggalan budaya Hindu yang kini menjadi objek wisata bersejarah di Bandungan. Objek wisata Candi Gedong Songo terdiri dari 9 candi bercorak yang letaknya berurutan. Dari candi Ke-1 di posisi paling bawah dan candi ke-9 berada di posisi di atas bukit tinggi.

Menurut sejarahnya, reruntuhan Candi Gedong Songo ditemukan oleh peneliti bernama Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1.740. Namun, pada eksplorasi Raffles, dia hanya menemukan 7 buah candi saja. Kemudian eksplorasi situs bersejarah tersebut dilanjutkan oleh V. Stein Callenfels pada tahun 1808. Stein akhirnya menemukan dua candi reruntuhan candi yang tersisa.

Saat ini, Candi Gedong Songo ini dipugar dan dirawat untuk menjadi situs cagar budaya Indonesia. Biarpun, tidak semua candi bisa dibangun secara utuh kembali namun jejak sejarah 9 candi sudah terdokumentasi.

Perjalanan dari candi ke-1 sampai ke-9 cukup menguras tenaga karena jalanan menanjak. Namun, kamu nggak perlu khawatir. Ada persewaan kuda yang bisa memudahkan kamu mengunjungi berbagai candi di kompleks Candi Gedong Songo.

So, jika kamu senang rekreasi di situs bersejarah dengan suasana pegunungan, kamu pasti menyukai obyek wisata Candi Gedong Songo.

4. Ayanaz Gedong Songo

Ayanaz Gedong Songo, Bandungan (kredit gambar: instagram.com/jenhong_mom/)
LokasiCandi Gedong Songo, Krajan, Banyukuning, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 08.00-17.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Weekday: Rp25.000/orang Weekend: Rp30.000/orang
Rute menuju tempat wisata dari Bandungan12 mnt (5,0 km) lewat Jl. Sukorini dan Jl. Ke Candi Gedong Songo
Rating tempat wisata4,4/5 dari 6.030 ulasan Google

Ayanaz Gedongsongo merupakan taman wisata yang terletak di dalam kawasan obyek wisata Candi Gedong Songo. Secara umum, Ayanaz Gedongsongo merupakan taman wisata kekinian yang menawarkan wisata alam berbalut wisata swafoto yang keren.

Di taman wisata Ayanaz Gedongsongo terdapat 35 spot foto menarik yang bisa kamu pakai untuk mengabadikan momen wisata bersama keluarga. Dari ke 35 spot foto Ayanaz, beberapa di antaranya termasuk spot foto premium. Jadi, kalau kamu ingin berfoto di sana, kamu perlu beli tiket lagi.

Berikut beberapa spot swafoto favorit para wisatawan, di antaranya:

  • Bubble tent
  • Bangku teratai
  • Balon udara
  • Kubah langit
  • Kursi gantung

Ayanaz Gedongsong cocok untuk wisatawan yang senang jalan-jalan di alam bebas sekaligus hobi foto. Kamu akan mendapatkan ketenangan dan dokumentasi yang spesial di sana.

Catatan: Karena Ayanaz Gedongsongo terletak di dalam kompleks objek wisata Candi Gedong Songo, maka wisatawan harus membayar tiket double. Tiket pertama untuk masuk ke kawasan Candi Gedong Songo. Tiket kedua untuk masuk ke taman wisata Ayanaz Gedongsongo. Memang kesannya mahal, tapi worth it untuk sesekali mencicipi wisata kekinian.

5. Mawar Camp – Gunung Ungaran

Mawar Camp – Gunung Ungaran, Bandungan (kredit gambar: instagram.com/taufiqha__/)
LokasiJl. Goa Jepang No.KM.5, Kluwihan, Sidomukti, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Rute menuju tempat wisata dari Bandungan18 mnt (6,7 km) lewat Jl. Mayor Soeyoto dan Jl. Goa Jepang
Rating tempat wisata4,7/5 dari 1.474 ulasan Google

Bagi wisatawan yang doyan camping, ada nih tempat wisata menarik yang cocok untuk camping di area Bandungan, namanya Mawar Camp. Mawar Camp merupakan sebuah area camping ground yang terletak di dekat basecamp jalur pendakian Gunung Ungaran via Mawar.

Tempat sejuk dan nyaman karena kamu akan camping di bawah naungan pohon pinus. Area camping ground juga sudah dibuat terasering, jadi setiap wisatawan akan mendapatkan view kota Bandungan yang cantik saat malam hari.

Biasanya, Mawar Camp cukup ramai saat weekend atau saat libur nasional. Para remaja, orang dewasa hingga keluarga banyak yang camping di sana. Seru deh, kalau camping di sana.

Terlebih Mawar Camp dekat dengan objek wisata Umbul Sidomukti dan Tandem Paralayang Ungaran. Jadi, setelah camping, kamu bisa tuh melipir-melipir tipis ke beberapa tempat wisata di atas.

Catatan: Kondisi udara di Mawar Camp saat malam hari cukup dingin. Pastikan membawa jaket hangat/selimut, kaos kaki tebal dan sarung tangan ya.

6. I AMpelgading Homeland

I AMpelgading Homeland, Bandungan (kredit gambar: instagram.com/singgihdatya/)
LokasiDusun ampelgading, Kenteng, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 08.00-18.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp15.000/orang
Rute menuju tempat wisata dari Bandungan17 mnt (3,8 km) lewat Jl. Gintungan Utara dan Jl. Dusun Pal Gading
Rating tempat wisata4,4/5 dari 1.082 ulasan Google

I AMpelgading Homeland merupakan taman wisata yang terletak di dusun Ampelgading, Kenteng, Bandungan. Dari Bandungan kamu tinggal ambil arah ke Jl. Gintungan Utara lalu ke arah Dusun Ampelgading.

Lokasi I AMpelgading berada di lereng gunung dengan ketinggian sekitar 1.300 m. Maka dari itu, udara di sekitar tempat wisata ini sangat sejuk di siang hari dan relatif dingin di malam hari.

Lalu, apa keunggulan objek wisata I AMpelgading Homeland?

I AMpelgading Homeland memiliki beberapa keunggulan, di antaranya:

  • Suasana di tempat wisata asri, nyaman dan indah. Jika cuaca cerah wisatawan bisa melihat keindahan Rawa Pening, Gunung Merbabu, Gunung Merapi hingga Gunung Telomoyo.
  • Wisatawan bisa bersantai, camping, trekking hingga melakukan outbond di satu kawasan wisata.
  • Pemandangan sunrise dan sunset dari I AMpelgading sangat indah.

Tertarik mencoba rekreasi ke I AMpelgading Homeland?

Jika kamu menyukai aktivitas camping, kami merekomendasikan camping saja. Karena dengan camping, kamu bisa menyaksikan keindahan sunrise dan sunset memesona dari I AMpelgading Homeland.

7. Gunung Ungaran

Gunung Ungaran (kredit gambar: instagram.com/mido_kusumo/)
LokasiHutan, Kec. Ungaran Bar., Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Rute menuju tempat wisata dari Bandungan58 mnt (18,0 km) lewat Jl. Mayor Soeyoto
Rating tempat wisata4,5/5 dari 844 ulasan Google

Tempat wisata terbaik di sekitar Bandungan lainnya adalah Gn. Ungaran. Gunung Ungaran merupakan gunung yang terletak di Ungaran, Kabupaten Semarang. Karena kondisi alam yang sejuk dan asri, kawasan lereng Gunung Ungaran menjadi kawasan wisata yang populer di kalangan masyarakat sekitar Ungaran. Kawasan wisata lereng Ungaran yang paling terkenal adalah wisata Bandungan.

Namun, di pembahasan ini kami tidak membahas wisata Bandungan. Kami akan membahas wisata ke puncak Gunung Ungaran. Sebagai salah satu maskot Kabupaten Semarang, Gunung Ungaran menjadi salah satu gunung yang sering menjadi tujuan pendakian (hiking).

Dengan ketinggian 2.050 m, Gunung Ungaran menawarkan pemandangan yang memesona dari kawasan puncaknya. Dari puncak Ungaran kamu bisa melihat Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, Gunung Kendalisodo, Rawa Pening, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing hingga Gunung Prau.

Saat cuaca cerah, kamu bisa melihat semua gunung tersebut secara jelas dari ketiga puncak Ungaran, yaitu Puncak Boetak, Puncak Banteng Raiders, Puncak Bondolan.

Untuk bisa mendaki ke puncak Gunung Ungaran, kamu perlu memahami jalur pendakian Gunung Ungaran terlebih dahulu. Ada 2 jalur pendakian Gunung Ungaran yang resmi dikelola oleh pemerintah setempat, yaitu:

  1. Jalur pendakian Gunung Ungaran via Mawar
  2. Jalur pendakian Gunung Ungaran via Parantunan

Untuk pendaki pemula, kami menyarankan untuk mendaki melalui jalur Mawan. Karena jalur Mawar relatif ramai dan populer untuk pendaki pemula. Sedangkan, untuk pendaki yang ingin mendapatkan pengalaman mendaki yang lebih sepi, kamu bisa mencoba jalur Parantunan. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa baca review jalur pendakian Gunung Ungaran ini. Di sana, kamu bisa tahu tingkat kesulitan medan pendakian, estimasi waktu pendakian hingga tempat ngecamp yang nyaman.

Tertarik untuk mencoba mendaki Gunung Ungaran untuk rekreasi alam? Yuk, mendaki.

8. Wisata Alam Bantir Hills

Wisata Alam Bantir Hills, Bandungan (kredit gambar: instagram.com/andhikajaya_entertainment/)
LokasiJalan Bantir, Desa, Losari, Sumowono, Bantir, Losari, Kec. Sumowono, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 08.00-17.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang
Rute menuju tempat wisata dari Bandungan19 mnt (9,0 km) lewat Jl. Sukorini
Rating tempat wisata4,1/5 dari 808 ulasan Google

Kita sedikit melipir ke pinggir Bandungan, tepatnya di kecamatan Sumowono. Karena di Sumowono ada objek wisata keren bernama “Wisata Alam Bantir Hills”. Wisata Alam Bantir Hills merupakan tempat refresing di lereng Gunung Ungaran yang asri dan sejuk.

Bantir Hills berupa perbukitan yang hijau dan cukup tinggi. Dari Bantir Hills kamu bisa melihat pemandangan hijau dari perbukitan, perkebunan dan hutan pinus. Jadi, Wisata Alam Bantir Hills cocok untuk kamu yang senang rekreasi di alam.

Karena infrastruktur ke lokasi objek wisata belum memadai, hanya wisatawan yang menggunakan motor yang bisa mencapai puncak bukitnya. Sedangkan, wisatawan yang menggunakan mobil harus memarkirkan mobil di dekat loket tiket masuk kawasan wisata. Selanjutnya, wisatawan harus  jalan kaki.

Ada beberapa alasan kenapa banyak wisatawan suka rekreasi ke Bantir Hills, di antaranya:

  • Pemandangan alamnya cantik. Kamu bisa melihat perbukitan hijau, hutan pinus dan perkebunan.
  • Wisatawan bisa melakukan camping dan trekking. Area perbukitan yang berada di tengah hutan pinus cocok untuk kegiatan camping atau sekedar trekking.
  • Banyak terdapat spot foto buatan yang cantik sehingga wisatawan bisa berswafoto dengan hasil yang memesona.

Menarik, bukan? Yuk, liburan ke Wisata Alam Bantir Hills.

9. Setiya Aji Flower Farm

Setiya Aji Flower Farm, Bandungan (kredit gambar: instagram.com/setiya_aji_flower_farm/)
LokasiJl. Kendalisodo, Piyato, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 07.00-18.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Rute menuju tempat wisata dari Bandungan6 mnt (1,8 km) lewat Jl. Dr. Cipto/Jl. Tirtomoyo
Rating tempat wisata4,1/5 dari 808 ulasan Google

Rekomendasi tempat wisata di sekitar Bandungan selanjutnya adalah Setiya Aji Flower Farm. Tempat ini merupakan ladang bunga milik warga yang dikelola sebagai tempat wisata bunga. Ya, di sini, kamu hanya mendapatkan kebun bunga.

Wisatawan bisa berkeliling di kebun bunga Krisan yang berada di dataran tinggi. Jika wisatawan berkunjung saat panen bunga, wisatawan akan diberikan bonus bucket bunga cantik untuk kenang-kenangan.

Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini adalah wanita. Dan kebanyakan wanita adalah pencinta bunga. Maka, saat musim berbunga, Setiya Aji Flower Farm selalu ramai wanita. Ada beberapa motif kenapa wisatawan mengunjungi Setiya Aji Flower Farm, di antaranya:

  • Wisatawan ingin melihat keindahan bunga krisan yang berwarna-warni.
  • Wisatawan ingin berswafoto cantik dengan dikelilingi bunga.
  • Wisatawan ingin mendapatkan bucket bunga gratis.
  • Wisatawan ingin jalan-jalan dan rekreasi di tempat unik.
  • Wisatawan penasaran dengan kebun bunga viral di Instagram.

Terlepas dari berbagai motif di atas, Setiya Aji Flower Farm memang menarik untuk dikunjungi. Biarpun lokasinya sedikit tersembunyi tapi tempatnya bagus.

Catatan: Biarpun disebut taman wisata, tapi di Setiya Aji Flower Farm belum ada restoran, tempat bersantai maupun wahana permainan. Kebun bunga ini memang hanya dikelola warga setempat dengan modal seadanya. Jadi, harap dimaklumi.

10. Vanaprastha Gedong Songo Park Perhutani

Vanaprastha Gedong Songo Park Perhutani, Bandungan (kredit gambar: instagram.com/bayubudiono_/)
LokasiJl. Ke Candi Gedong Songo No.16, Krajan, Banyukuning, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 08.00-18.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000
Rute menuju tempat wisata dari Bandungan14 mnt (5,6 km) lewat Jl. Sukorini dan Jl. Ke Candi Gedong Songo
Rating tempat wisata4,5/5 dari 500 ulasan Google

Rekomendasi tempat wisata di Bandungan yang terakhir adalah Vanaprastha Gedong Songo Park Perhutani. Sebelumnya, area Vanaprastha merupakan kompleks kantor perhutani di jaman hindia-belanda. Namun, sekarang tempat ini dialihfungsikan sebagai taman wisata dan penginapan.

Di mana sih letak Vanaprastha Gedong Songo Park Perhutani?

Bagi yang belum tahu, sebenarnya Vanaprastha Gedong Songo Park Perhutani terletak di dalam kompleks objek wisata Candi Gedong Songo. Kawasan Vanaprastha spesial, karena tempatnya sejuk, terawat dan tamannya cantik.

Di area ini, kamu bisa melakukan beberapa hal, di antaranya:

  • Melihat Villa dan penginapan bergaya kuno yang telah berumur 1 abad.
  • Berswafoto dengan background taman dan hutan pinus.
  • Berjalan-jalan santai sambil menikmati udara sejuk di pegunungan.
  • Melakukan camping ceria.
  • Menginap di villa khusus.

Menarik ya? Biasanya, wisatawan yang berkunjung ke Vanaprastha Gedong Songo Park Perhutani juga sekalian mengunjungi objek wisata Candi Gedong Songo dan Ayanaz Gedongsongo. Hal ini karena kedua objek wisata tersebut terletak di satu kawasan wisata.

Demikian ulasan singakt tentang 10 tempat wisata terbaik di sekitar Bandungan. Jika kamu punya kesan mendalam tentang berbagai tempat wisata di atas, langsung komen di kolom komentar ya.

Tinggalkan komentar