7 Tempat Wisata Terbaik di Lumajang yang Lagi Hits (2022)

By

Kalau liburan, kamu pasti mencari tempat wisata yang paling hits. Buat jalan-jalan sekaligus berfoto selfie, benar, kan?Begitu juga, saat kamu ingin mengeksploras tempat wisata di Lumajang. Kamu pasti mencari tempat wisata terbaik dan paling menarik. Nah, ada berbagai destinasi paling keren yang bisa kamu kunjungi di Lumajang. Apalagi, kalau kamu liburan bersama keluarga atau teman. Berikut 7 rekomendasi tempat wisata terbaik di Lumajang:

1. Puncak B29

Puncak B29, Lumajang (kredit foto: instagram.com/kawanjelajahtour/)
LokasiArgosari, Senduro, Nganjir, Sariwani, Kec. Sukapura, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Jumat, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang
Rating ulasan4,6/5.0 – 3.152 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Lumajang57 menit (28.6 km) via Jl. Merdeka Bodang
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataPemandangan lautan pasir Bromo, puncak P30, lautan awan, pemandangan kawah Bromo, Gunung Batok

Puncak B29 merupakan tempat untuk menikmati Bromo dari sudut yang berbeda. Di puncak B29, kamu bisa melihat pemandangan lautan pasir Bromo yang membentang luas.

Selain itu, puncak B29 berada berdekatan dengan puncak P30. Puncak P30 adalah puncak lainnya tempat menyaksikan pemandangan Bromo.

Sementara, B29 memiliki dua puncak, di mana tulisan logo “Puncak B29” terdapat di salah satunya. Di puncak dengan logo tersebut juga ada tempat duduk-duduk serta warung. Selain itu, juga ada fasilitas kamar mandi di kawasan wisata B29 ini.

Di sepanjang perjalanan menuju puncak B29, kamu akan melewati perkebunan daun bawang. Sementara, di puncak B29, selain lautan pasir dan kawah Bromo di kejauhan, kamu juga dapat melihat lautan awan. Terkadang juga ada kabut putih tipis menyelimuti pucuk-pucuk pegunungan.

Selain berfoto-foto, aktivitas kesukaan pengunjung adalah menikmati kuliner seperti bakso dengan kuah panas. Diselingi minum minuman hangat yang semua menunya tersedia di warung di lokasi wisata. Tidak hanya pemandangannya yang indah, di sini udara juga dingin dan segar.

Wisata puncak ini mungkin lebih cocok untuk kamu dan teman-teman pencinta alam. Sebab, aksesnya bisa dibilang ekstrem dan cukup sulit.

2. Bromo Tengger Semeru National Park

Bromo Tengger Semeru National Park (kredit foto: instagram.com/mirdan87/)
Lokasi Jawa Timur, Indonesia (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Senin-Kamis, Rp19.000/orang. Jumat-Minggu, Rp24.000/orang
Rating ulasan4,8/5.0 – 38.742 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Lumajang1 jam 53 menit (50,7 km) lewat Jl. Gubug Klakah
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataLautan pasir, kawah Bromo, bukit Teletubbies

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru berada di Jawa Timur. Luasnya sekitar 50.276,3 hektare. Di sini ada kaldera lautan pasir seluas kurang lebih 6.290 hektare. Gunung Bromo menjadi ikonnya yang terkenal dengan kawah dan lautan pasirnya. Namun, tidak hanya itu saja.

Tempat wisata ini sekaligus merupakan lokasi Gunung Semeru, gunung tertinggi di Pulau Jawa. Jadi, buat kamu yang mau mendaki Semeru, bisa lewat sini. Mendekati pertengahan tahun berarti iklimnya cocok untuk mendaki. Khususnya di bulan Juli hingga Agustus ketika musim kemarau tiba.

Apalagi, Gunung Semeru memiliki pesona keindahan yang tiada tara. Terutama, lereng-lereng gunungnya yang terlihat eksotis dari kejauhan. Juga tantangannya yang mengharuskanmu bersiap jiwa dan raga untuk mendaki sampai ke puncak tertinggi. Namun, di situlah keseruannya.

Apabila ingin mendaki Gunung Semeru, alangkah baiknya kamu mempelajari jalur terlebih dahulu. Berikut panduan lengkap jalur pendakian Gunung Semeru terbaru untuk saat ini. Panduan tersebut meliputi, persyaratan pendakian, peta jalur pendakian, hingga rangkuman medan pendakian ke puncak Mahameru.

Keindahan Semeru yang memikat yaitu terdapat Danau Ranu Kumbolo yang merupakan tempat camping dan beristirahat. Sementara, di puncak Semeru, terlihat lautan awan putih yang mengapung. Sunrise dan sunset juga terlihat mengagumkan dari puncak.

Selain itu, sepanjang perjalanan mendaki terlihat hamparan perkebunan sayuran, hutan, perbukitan dan sabana. Tempat wisata ini cocok untuk kamu dan keluarga, teman, serta komunitas pencinta alam.

3. Pemandian Alam Selokambang

Pemandian Alam Selokambang (kredit foto: instagram.com/ih_san2002/)
LokasiPurworejo, Senduro, Pancen, Purworejo, Kec. Lumajang, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaJumat-Rabu, 05.00-17.30. Kamis, Tutup
Harga tiket masuk (HTM)Senin-Sabtu, Rp.7.000/orang dewasa. Senin-Sabtu, Rp5.000/anak-anak. Minggu dan hari libur nasional, Rp15.000
Rating ulasan4,4/5.0 – 2.059 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Lumajang17 menit (7,9 km) lewat Jl. Merdeka Bodang
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataPemandangan alam hijau, spot foto, perosotan, ayunan

Pemandian alam Selokambang merupakan tempat wisata yang semakin populer di Lumajang. Ditambah lagi, ada atraksi baru berupa jembatan kayu dilengkapi pagar putih yang membuatnya estetik. Tempat wisata ini juga makin banyak dikunjungi wisatawan.

Tempatnya berada di tengah alam serta sudah dikelola dengan baik. Ada jalur setapak untuk berjalan kaki di tengah rimbunnya tanaman hijau dan pepohonan kelapa.

Jalan setapak tersebut berada di sekeliling tempat wisata ini, dan melewati kolam pemandian yang berada di tengah lokasi. Oh iya, tempat wisata ini juga masih terus dikembangkan dan dalam tahap pembangunan.

Di sini, suasana terasa asri di tengah alam yang hijau. Pengunjung paling suka berenang, mandi di kolam, berjalan keliling, serta duduk-duduk santai.

Nah, untuk fasilitas, di dekat kolam pemandiannya ada toilet serta gazebo. Kemudian, ada banyak warung dan penjual jajanan juga. Ada pula penyewaan ban. Selain itu, juga terdapat kios yang menjual suvenir. Jadi, kamu bisa beli oleh-oleh maupun cendera mata.

Humble tapi seru, tempat wisata ini cocok dikunjungi ramai-ramai bersama keluarga. Anak-anak pasti senang berenang di kolam di sini. Kamu juga bisa jalan-jalan ke sini bersama teman, pasangan, maupun komunitas kamu.

4. Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang (Kredit foto: instagram.com/mirdan87/)
LokasiKampung Siji, Jl. Raya Sidomulyo, Besukcukit, Sidomulyo, Kec. Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 07.00-15.00
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Rating ulasan4,7/5.0 – 1.894 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Lumajang1 jam 55 menit (54,3 km) lewat Jl. Nasional III
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataPemandangan air terjun, Goa Bidadari, spot foto

Air terjun Tumpak Sewu merupakan salah satu ikon wisata Lumajang. Tempat wisata alam ini sudah menyediakan fasilitas lengkap. Ada lahan parkir yang cukup luas, toilet, musala, dan banyak warung. Dari tempat parkir, kamu perlu berjalan dahulu untuk sampai di air terjunnya.

Jalur menuju air terjun dapat dikatakan ekstrem. Air terjun dengan slogan Serpihan Surga ini berada di tengah hutan dan rimbunnya pepohonan. Di tengah perjalanan, ada spot Panorama Tumpak Sewu. Ini merupakan tempat foto dengan latar belakang air terjun dari ketinggian.

Dari spot tersebut, kamu akan berjalan lagi ke bawah ke tempat lokasi air terjun. Jalan berupa tanah dan berbatuan, licin, menurun, dan dialiri air yang sedikit deras. Ada bantuan pegangan dari bambu dan tali di kanan-kiri jalur setapak tersebut.

Disarankan kamu mengenakan sepatu atau alas kaki yang anti-selip. Selain itu, harus siap-siap basah. Untuk anak di bawah 10 tahun dan pengunjung di atas 60 tahun dilarang turun ke bawah. Juga ada larangan untuk yang memiliki penyakit jantung dan takut ketinggian.

Setelah sampai di bawah, kamu akan melihat air terjun yang begitu tinggi dan luas, bentuknya seperti melingkar. Kamu perlu mendongak untuk melihat panorama air terjun yang menakjubkan.

Aktivitas yang disuka di sini adalah berfoto dan menikmati pemandangan. Tempatnya cocok untuk wisata bersama keluarga, teman, pasangan.

5. Hutan Bambu Lumajang

Hutan Bambu Lumajang (kredit foto: instagram.com/vak_wira/)
LokasiJl. Kalpataru, Umbulrejo, Sumbermujur, Kec. Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 07.00-16.30
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang dewasa. Rp3.000/anak-anak
Rating ulasan4,4/5.0 – 1.592 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Lumajang1 jam 3 menit (25,1 km) lewat Jl. Merdeka Bodang
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataPemandangan hutan bambu, kolam renang, produk sayur segar, spot foto, area konservasi, fauna monyet, kolam air alami

Hutan Bambu Lumajang merupakan tempat wisata yang eksotis. Jika baru pertama kali berkunjung, kamu mungkin terpesona karena ada tempat seasyik ini di Lumajang. Jadi, setelah parkir, kamu bisa langsung masuk ke dalam untuk jalan-jalan di hutan bambu.

Terdapat penjual makanan dan minuman serta jajanan di kanan-kiri jalan setapak tersebut. Selain itu, kamu akan berjumpa dengan monyet-monyet penghuni hutan. Di sepanjang perjalanan, kamu dapat melihat hutan bambu di kanan dan kiri. Bambu-bambu menjulang tinggi memberi keteduhan.

Kamu pun bisa berfoto di berbagai spot yang menarik di sini. Kemudian, setelah berjalan mengikuti jalan setapak, kamu akan sampai di dalam tempatnya kolam renang. Pengunjung paling suka aktivitas berenang di kolam renang tersebut, khususnya anak-anak.

Selain itu, ada lebih dari satu kolam renang di sini. Juga tersedia tempat duduk di pinggir dan di tengah kolam renang. Kemudian, ada gardu pandang dan banyak gazebo juga. Selain itu, terdapat fasilitas lainnya di tempat wisata ini, seperti lahan parkir, toilet dan musala.

Oh iya, warung makan juga ada di sekitar hutan bambu ini. Berwisata ke sini cocok untuk kamu dan keluarga, teman, pasangan, komunitas, serta orang-orang terdekat.

6. Pura Mandara Giri Semeru Agung

Pura Mandara Giri Semeru Agung (kredit foto: instagram.com/mampirjawatimur/)
LokasiJl. Serma Dohir, Sumberagung, Kec. Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin, 24 jam. Selasa-Sabtu, 07.30-21.00
Minggu, 14.45-21.00
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Rating ulasan4,7/5.0 – 1.465 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Lumajang21 menit (9,3 km) lewat Jl. Merdeka Bodang
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataSpot foto, arsitektur pura kuno

Wisata mengunjungi pura tidak harus jauh-jauh ke Bali. Apalagi, buat kamu yang berdomisili di Pulau Jawa, khususnya di Jawa Timur. Di Lumajang, ada Pura Mandara Giri Semeru Agung yang merupakan pura tertua di Indonesia. Pura ini sarat akan nilai sejarah.

Pura ini pun berada tepat di sebelah timur kaki Gunung Semeru. Pertama kali, pura ini diberi nama Pura Giri Mandara. Kemudian, berganti jadi Pura Amerta Giri Mandara. Lalu, yang terakhir dinamakan Pura Mandara Giri Semeru Agung.

Pembangunan awal pura ini dimulai pada tahun 1986. Hal tersebut menjadikannya pura tertua di Indonesia. Saat awal dibangun, luasnya sekitar 25 x 60 meter. Kini, ukuran pura tersebut diperluas hingga sepuluh kali lipatnya.

Ada tiga pemuka agama yang mencetuskan pembangunan pura ini untuk pertama kalinya. Sementara, fungsi pura ini untuk tempat ibadah, wisata, dan sosialisasi, seperti acara keagamaan salah satunya.

Di dalam, kompleks pura berukuran luas. Ada jalan setapak mengelilinginya, dan terdapat rerumputan serta pepohonan hijau. Suasana begitu asri di sini. Pengunjung suka jalan-jalan keliling pura dan berfoto.

Sementara, fasilitas yang tersedia yaitu toilet, kantin, taman-taman, tempat duduk, pendopo. Pura ini cocok untuk wisata bersama keluarga, teman-teman, pasangan, juga rombongan sekolah hingga instansi.

7. Watu Coast Halibut

Watu Coast Halibut, Lumajang (kredit foto: instagram.com/krisdayanti722/)
LokasiUnnamed Road, Krajan Dua, Selok Awar Awar, Kec. Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang
Rating ulasan4,3/5.0 – 1.351 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Lumajang1 jam 3 menit (33,1 km) lewat Jl. Nasional III
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataNaik kuda, pemandangan sunset, spot foto

Tempat wisata ini biasa dikenal dengan sebutan Pantai Watu Pecak. Pantai ini eksotis dengan pasir hitam dan di bibir pantainya sedikit berbatu kerikil. Garis pantai cukup panjang dan air lautnya begitu menarik. Terlihat gradasi air laut biru dan abu-abu sejauh mata memandang.

Pantai ini juga menyediakan fasilitas lengkap seperti lahan parkir, toilet, musala, dan warung, serta ada toko suvenir. Pemandangan di sini bertambah indah dengan adanya pepohonan cemara yang hijau di pinggir pantai.

Pengunjung biasanya suka bermain air dan berenang karena ombaknya yang tenang. Selain itu, ada penyewaan kuda jika kamu ingin menikmati pantai dengan nuansa berbeda. Aktivitas kesukaan lainnya adalah menikmati kuliner seperti seafood dan es kelapa muda.

Pantai ini ramai dikunjungi wisatawan karena merupakan salah satu tempat wisata terpopuler. Kalau berkunjung ke sini, idealnya pada waktu sore hari sehingga tidak terlalu terik. Selain itu, kamu bisa menikmati senja di pantai ini.

Oh iya, aktivitas populer lainnya yaitu berjalan menelusuri tepi pantai serta berfoto. Pantai ini cocok untuk tempat wisata keluarga, teman-teman, pasangan, rombongan instansi dan sekolah, hingga komunitas.

Wah, ternyata di Lumajang ada banyak tempat wisata hits. Terutama buat kamu yang ingin mendaki Gunung Semeru, jalur pendakiannya ada di sini. Selain itu, banyak juga tempat wisata lainnya yang sama-sama menarik. Kira-kira manakah destinasi yang menjadi favoritmu? Share di kolom komentar, ya!

Tinggalkan komentar